FASILITAS MICROSOFT OFFICE WORD 2013
Langkah awal yang umum dilakukan saat bekerja dengan sebuah program adalahmengenal terlebih dahulu lingkungan kerjanya. Pada lingkungan kerja ini terdapat bagian- bagian atau komponen-komponen dasar yang digunakan pada saat bekerja nanti.Berikut adalah tampilan lingkungan kerja pada Microsoft Word 2013:Adapun komponen-komponen dasar yang terdapat pada Microsoft Word 2013 yaitu:1.
Title BarTitle Bar terletak pada bagian atas jendela aplikasi, berisi keterangan berupanama dokumen yang sedang dikerjakan.


4RulerRuler
HorozontalScroll BarVerticalScroll Bar
Gambar 3 posisi Ruler pada area kerja Microsoft Word 2013
Gambar 4 fasilitas Scroll Bar pada jemdela aplikasi
2.
RulerRuler adalah fasilitas pada Microsoft Word 2013 yang berfungsi seperti halnya penggaris. Ruler memudahkan pengguna untuk melihat posisi sebuah teks atau ukuransebuah image pada dokumen atau lembar kerja. Anda dapat memunculkan fasilitas ruler pada lembar kerja dengan cara klik tab
View
, lalu klik mouse pada
Ruler
yang terdapat pada group
Show
.3.
Scroll BarScroll Bar adalah fasilitas pada Microsoft Word 2013 yang digunakan untukmenggeser tampilan dokumen ke kiri atau ke kanan, serta ke atas atau ke bawah. Ada2 jenis Scroll Bar yaitu
Vertical Scroll Bar
(ke atas dan kebawah)
dan
horizontalScroll Bar
(ke kiri atau ke kanan).


5
Tab
Tool Button
Dialog Box Launcher
Group
Gambar 5 kumpulan Ribbon pada Microsoft Word 2013
Gambar 6 kumpulan group pada tab Home
Gambar 7 kumpulan group pada tab Insert
Gambar 8 kumpulan gropu pada tab Design
Gambar 10 kupulan group pada tab Reference
4.
Ribbon
Ribbon
adalah fasilitas yang berguna untuk memudahkan anda ketika bekerjamenggunkan kumpulan tool. Ribbon terdiri dari bagian yaitu:Microsoft Word 2013 memiliki beberapa
Ribbon Tab
dan setiap tab memiliki beberapa
Group
yang di dalamnya terdapat kumpulan tool-tool
Button
dengan berbagai kegunaannya. Berikut adalah beberapa
Ribbon Tab
dan
Group
yang terdapatdalam Microsoft Word 2013:a.
Home:
terdiri dari group
Clipboard, Font, Paragraph, Styles,
dan
Editing.
b.
Insert:
terdiri dari group
Pages, Tables, Ilustrations, Links, Header&Footer,Text, dan Symbol.
c.
Design:
terdiri dari group document
Themes,
Formating
dan
Page Background.
d.
Page Layout:
terdiri dari group
Page Setup, Paragraph,
dan
Arrange.
e.
Reference
: terdiri dari group
Table of Contents, Footnotes, Citations&Biblio-graphy, Captions, Indexs
dan
Table Of Authorities.
Gambar 9 kumpulan group pada tab Page Layout









Tidak ada komentar:
Posting Komentar